Kertas

Kertas gambar dibedakan dari jenis media gambar, tekstur kertas, dan ketebalan kertas. Jika hanya menggunakan kertas untuk sketsa menggunakan media pensil, pensil warna dan charcoal Anda dapat membeli buku sketsa seperti merk Canson, Lyra, Reeves sketch pad dan lain-lain. Penggunaan kertas yang berbeda merk dan jenisnya dapat mempengaruhi kualitas gambar.

 

Tekstur kertas pada umumnya ada yang halus dan kasar. Tergantung pada pilihan kita tekstur kertas yang paling disukai, pada setiap merk kertas tekstur diberikan istilah seperti rough, medium, grain, smooth, cold pressed dan hot pressed pada bagian cover-packagingnya. Ketebalan kertas ditandai dengan gsm, ketebalan kertas untuk sehari-hari biasanya 70-80 gsm, untuk sketsa dengan pensil bisa mulai dari 110 gsm, sedangkan media cat air bisa menggunakan ketebalan 200gsm-300gsm. Sebaiknya jika ingin menggunakan media cat air, dan akrilik, pilihlah kertas khusus untuk cat air, karena jika kertas tipis, air dapat menyebabkan kertas bergelombang jika sudah kering.

Anda dapat browsing langsung ke website produsen kertasnya, karena ada penjelasan secara detil tentang jenis kertas yang mereka produksi.

Canson

 

 

 

Winsor Newton

 

 

 

Eksperimen menggunakan berbagai macam kertas, sehingga Anda temukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda pada saat menggambar.